Apa itu Logo ? perbedaannya dengan branding

logo adalah
Photo by Erik Mclean on Unsplash

Apa itu logo ? - Pada dasarnya, logo adalah simbol yang terdiri dari teks dan gambar yang membantu kita mengidentifikasi merek yang di sukai. Tapi logo bisa lebih dari itu! Logo yang bagus adalah landasan merek kita. Ini membantu pelanggan memahami apa yang Anda lakukan, siapa Anda, dan apa yang Anda hargai. Itu tanggung jawab yang besar untuk gambar kecil! Berikut definisi logo dan cara memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Apa itu logo?

Logo adalah simbol yang terdiri dari teks dan gambar yang mereprentasikan sebuah bisnis. Logo yang baik menunjukkan apa yang dilakukan perusahaan dan apa yang dihargai merek.

Desain logo adalah tentang menciptakan merek merek visual yang sempurna untuk sebuah perusahaan. Tergantung pada jenisnya, logo biasanya terdiri dari simbol atau merek dan jenis logo, bersama dengan tagline.

Apa yang dilakukan logo?
Logo melakukan sesuatu selain terlihat cantik, bukan? Iya! Logo memiliki banyak fungsi. Logo membuat Anda menonjol dari persaingan

Mungkin fungsi paling mendasar dari sebuah logo adalah memberi bisnis Anda tanda unik yang membedakan Anda dari bisnis lain. Ini sangat penting jika bisnis Anda memiliki persaingan (yang 99,9% di antaranya memilikinya). Sebelum Anda mendapatkan logo untuk bisnis Anda, Anda sebaiknya meneliti seperti apa rupa pesaing Anda sehingga Anda dapat memposisikan diri Anda sendiri.

Lihat bagaimana logo Cactus Dental memisahkan diri dari lautan logo gigi klise di industri gigi dengan mengambil fitur unik untuk geografi mereka dan mengubahnya menjadi sikat gigi.Tentu saja, Anda tidak ingin menjadi terlalu tidak biasa sehingga calon pelanggan tidak memahami merek Anda.


Logo mengidentifikasi informasi penting tentang bisnis Anda

Seiring dengan membatasi bisnis Anda, logo yang baik juga memberi pelanggan Anda beberapa informasi penting tentang perusahaan Anda: logo dapat mengkomunikasikan industri tempat Anda berada, layanan yang Anda berikan, demografis target, dan nilai merek Anda.

Misalnya, sebuah perusahaan mungkin menggunakan citra sirkuit ke dalam logo mereka untuk menunjukkan bahwa mereka beroperasi di industri perangkat lunak. Atau mereka mungkin menggunakan warna tertentu untuk mengomunikasikan bahwa mereka berkomitmen untuk menjadi hijau / lingkungan. Atau mereka mungkin menggunakan font bergaya untuk menonjolkan bahwa mereka mewah.


Logo membangun mengenalkan merek

Logo juga meninggalkan dampak visual yang mengingatkan pelanggan Anda bahwa, ya… bahwa Anda ada! Dengan kata lain, logo dapat menciptakan asosiasi visual yang kuat dengan bisnis. Asosiasi ini membantu pelanggan mengingat merek Anda.

Pikirkan tentang merek seperti Nike atau McDonalds, yang logonya ada di mana-mana sehingga dapat langsung dikenali dengan atau tanpa nama yang dilampirkan. Tidaklah mengherankan jika logo adalah bagian sentral dari identitas merek.

Apa sajakah elemen dari sebuah logo?

Sekarang kita tahu apa fungsi logo, mari kita lihat dari apa logo itu dibuat. Debu bintang, kepingan cokelat, ? hampir benar tapi belum sepenuhnya tepat!

Meskipun tidak ada jawaban pasti, kami dapat menguraikan beberapa elemen desain logo yang umum. Elemen-elemen ini bekerja sama untuk membentuk 7 jenis logo.


Apa sajakah elemen dari sebuah logo?

Sekarang kita tahu apa fungsi logo, mari kita lihat dari apa logo itu dibuat. Debu bintang, kepingan cokelat, permainan papan daur ulang? Dekat tapi belum sepenuhnya! Meskipun tidak ada jawaban pasti, kami dapat menguraikan beberapa elemen desain logo yang umum. Elemen-elemen ini bekerja sama untuk membentuk 7 jenis logo.

Tipografi
Dalam hal bentuk, logo biasanya mengandung beberapa jenis elemen tipografi. Ini bisa berkisar dari satu huruf bergaya monogram, hingga singkatan atau judul lengkap bisnis.

Perumpamaan
Terkadang tipografi disertai dengan simbol atau ikon. Ini dapat mewakili atau terdiri dari elemen geometris abstrak.

Dalam kasus tertentu, logo juga menyertakan elemen dekoratif seperti karya garis atau tanda baca visual — seperti bintang kecil atau garis putus-putus — yang tidak selalu membuat gambar tertentu yang berdiri sendiri. Logo Ever South Brewing berisi tipografi yang disertai dengan simbol geometris bergambar matahari terbenam dengan tangkai biji-bijian yang tumbuh ke atas.

Warna
Di luar bentuk muncul warna. Logo bisa hitam dan putih, monokrom, atau warna-warni. Logo warna-warni sering kali memiliki palet yang analog, artinya warna dengan rona serupa, atau saling melengkapi, yang berarti warna rona jauh atau berlawanan.

Contoh Synergy berisi palet warna komplementer penuh warna. Untuk informasi lebih lanjut tentang warna, lihat artikel Warna logo kami.

Konteks

Dalam beberapa kasus, logo juga ditentukan oleh konteks penggunaannya. Peraturan Rumah Papan Permainan Bistro Logo Desain logo oleh Enola untuk House Rules Board Game Bistro.

Oleh karena itu, penting untuk memikirkan tentang kapan dan di mana logo dapat diterapkan. Umumnya kita melihat logo online, di kartu nama, di etalase, iklan, dan dicetak. Tetapi bisnis Anda mungkin memiliki kebutuhan khusus.

Elemen statis atau dinamis
Salah satu percabangan dalam desain logo yang layak disebutkan adalah keputusan untuk membuat logo statis — logo yang terlihat sama di mana pun — atau logo dinamis — yang berubah tergantung pada konteksnya. Perhatikan bagaimana contoh menukar elemen tergantung pada aplikasinya.


Apa perbedaan logo dengan branding?

Satu kebingungan umum yang kami lihat adalah memahami perbedaan antara logo dan branding. Kedengarannya rumit, tetapi perbedaannya cukup sederhana: Merek Anda adalah kumpulan persepsi orang tentang perusahaan Anda. Dengan kata lain, ini dapat dianggap sebagai kesan gambaran besar yang ditinggalkan perusahaan Anda kepada pelanggan. Kesan ini bisa ditinggalkan oleh banyak hal, seperti iklan, iklan, layanan pelanggan, dan ya juga logo Anda.

Benar, logo Anda adalah bagian dari branding Anda (bukan sebaliknya). Misalnya, meskipun logo Apple bersifat ikonik dan langsung dapat dikenali, itu bukan satu-satunya hal yang menciptakan identitas mereknya yang elegan, mudah digunakan, dan ramah pelanggan. Kualitas tersebut diekspresikan melalui pilihan desain mereka dalam iklan billboard, iklan, desain web dan tata letak toko di tempat. Logo hanya memegang asosiasi visual untuk hal-hal itu. Ditambah lagi, Apple tidak akan sama tanpa Apple yang imut dan dimakan sebagian.


download